MANFAAT PUASA RABU PON KAMIS WAGE JUMAT KLIWON

Posted on

Puasa, sudah tidak asing lagi orang dimanapum berada untuk mendengarkan kata-kata ini. Dalam pemahaman manapun, puasa selalu dihubungkan dengan penahanan diri. Puasa dalam etimologi jawa berasal dari bahasa sansekerta. Diambil dari 2 kata yaitu Upa dan wasa, upa ‎memiliki arti pertalian dan wasa memiliki arti wewenang/kekuasaan.

Jadi Puasa dapat diartikan menalikan diri untuk mendapatkan kewenangan tertentu misal dalam hal menuntut ilmu atau menggapai keinginan. Dalam khasanah jawa, tembung puasa atau Pasa diibaratkan “Ngeposne Rasa”, atau memberhentikan rasa. Oleh karena itu orang yang sedang berpuasa itu tidak hanya dipandang menahan makan, tapi juga menahan syahwat, pandangan, perasaan, kecintaan, maupun penahanan yang lain.

Salah satunya adalah puasa neptu (Dina telu Neptu Patang Puluh) merupakan warisan Kanjeng Sunan Kalijaga. Hampir semua keinginan, dzikir & doa itu butuh lelaku, ada yang sehari semalam , tiga hari tiga malam, sampai ada yang satu tahun, dikarenakan lelaku yang 40 hari dan satu tahun itu berat maka di ringkas dengan cara memilih 3 hari yang memiliki neptu 40 , di mana dengan hal tersebut bisa menjadi lebih ringan.

Puasa neptu adalah puasa yang tujuannya untuk mempersingkat lelaku dalam menjalani syarat sebuah keilmuan atau tujuan, contohnya dalam lelaku menuntut ilmu seseorang diwajibkan berpuasa selama 40 hari, tetapi jika lelaku tersebut ditempuh dengan puasa neptu hanya membutuhkan waktu 3 hari saja. Dengan kata lain puasa 3 hari = 40 hari, puasa neptu dilakukan oleh Sunan Kalijaga ( salah satu walisanga tanah jawa ) yang merasa bahwa lelaku yang dijalankan para santri sangatlah berat, maka itu beliau berinisiatif menciptakan puasa neptu.

Kita mendapatkan lelaku puasa neptu rabu pon-kamis wage-jum’at kliwon dari salah seorang family, tujuannya adalah untuk meminta petunjuk kemana kita harus berjalan, meminta agar segala keinginan / impian kita tercapai dan juga salah satu lelaku dalam menuntut ilmu agar dapat diberikan pengetahuan.

Puasa Neptu dibagi menjadi:
1. selasa kliwon-rabu legi-kamis pahing
2. rabu pon-kamis wage-jum’at kliwon
3. kamis wage-jum’at kliwon-sabtu legi
4. sabtu kliwon-minggu legi-senin pahing
5. jum’at pahing-sabtu pon-minggu wage
6. jum’at legi-sabtu pahing-minggu pon

Cara menghitung hari pasaran
minggu : 5 legi : 5
senin : 4 pahing : 9
selasa : 3 pon : 7
rabu : 7 wage : 4
kamis : 8 kliwon : 8
jum’at : 6
sabtu : 9

contoh :
Rabu Pon : 7+7=14
Kamis – Wage : 8+4=12
Jum’at-kliwon : 6+8=14+
jumlah 40

One thought on “MANFAAT PUASA RABU PON KAMIS WAGE JUMAT KLIWON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *