Menentukan Watak Berdasarkan Kelahiran

Posted on
Sejarah Tahun Kabisat
Para ahli Kosmologi akhir abad ke-16 makin memperhatikan adanya keanehan, yaitu awal semi tidak lagi jatuh pada 21 Maret, tapi telah jauh maju.
Akhirnya kesalahan itu diketemukan: kala revolusi bumi bukan 365 hari 6 jam, tetapi tepatnya ialah 365 hari 5 jam 56 menit, atau 365 hari 6 jam kurang 4 menit. Jadi tahun Julian kelebihan menghitung 4 menit setiap tahun. Itulah sebabnya terjadi terlalu awal musim semi di Eropa.
Paus Gregorius membuat dua pembetulan terhadap tahun Julian, yaitu:
1.Tindakan pembetulan terhadap kelebihan menghitung 4 menit, setahun. Tindakan itu ialah:
  • tahun kabisat yang angkanya tidak habis dibagi 4 diubah menjadi tahun biasa berumur 365 hari.
  • dasar perhitungan ialah: dengan kelebihan hitung 4 menit setahun, maka 100 tahun lebih menjadi 400 menit, 400 tahun lebih menjadi 1600 menit = 26 jam 40 menit = 1 hari 2 jam 40 menit. Jadi dengan dilakukan pembetulan 1 hari setiap 400 tahun hanya tersisa kesalahan 2 jam 40 menit setiap 400 tahun. Walaupun demikian penanggalan Masehi tetap tidak sempurna karena dengan berlalunya waktu mungkin ribuan tahun lagi akan terjadi selisih yang disebabkan akumulasi dari sisa 2 jam 40 menit dalam setiap 400 tahun.
2. Sesudah tanggal 4 Oktober 1582, hari berikutnya langsung jatuh tanggal 15 Oktober 1582. Jadi tanggal 5 s/d 14 Oktober 1582 tidak pernah ada dalam kalender tahun Masehi. Jadi berdasarkan penjelasan tersebut diatas, Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian (1582).
Cara Menentukan Tahun Kabisat.
Terus bagaimana menentukan bahwa tahun itu adalah tahun Kabisat? Berikut ada algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan, seperti dijelaskan dibawah ini:
  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.
Primbon Jawa untuk Tahun Kabisat
Primbon Jawa buat orang yang lahir di tahun Kabisat 29 Februari 2016 .
Orang yang lahir Hari Senin, tanggal 29 Februari 2016 (Bintangnya Pisces); menurut Kalender Jawa Jatuh pada hari Senin Wage, Neptunya (4+4=8), tanggal 20 Jumadil Awal tahun Jawa 1949. Mangsa Kawolu dan Wukunya Medangsia.

Berikut penjelasan terperinci menurut Primbon Jawa:
Primbon menurut weton hari dan pasarannya: Senin Wage
Dipengaruhi oleh bintang Lembu, lakunya Api, hal ini menyebabkan ia lekas marah, namun ia tidak gampang keburu nafsu, segala persoalan ditimbangnya baik-baik, pada dasarnya jujur dan dapat mengerti kesusahan orang lain. Hanya keras bicaranya dan kalau sudah marah susah untuk diredakan sehingga akibatnya sering menimbulkan bencana. Jodohnya yang paling serasi ialah dengan kelahiran Selasa dan Jumat.
Berdasarkan Wuku Medangsia
Dewanya Bhatara Brahma. Kuat budinya, lekas marah dan sulit dicegah serta sulit memberikan maaf kepada orang lain, tega melaukan apapun, tetapi penampilan dan perintahnya dingin. Kebahagiannya diperoleh karena hemat dan umumnya banyak rezeki, suka menjadi pelindung orang-orang yang sengsara.
Watak menurut tanggal kelahirannya:
Tanggal 29: Keras hatinya, pemarah tetapi lekas tenang, suka memberi uang atau makanan kepada orang lain.
Watak menurut bulan kelahiran:
Jumadil Awal: Bodoh, tetapi setia dan percaya diri
Watak menurut Neptu hari dan pasarannya 
Senin = 4. Wage = 4 jadi Senin Wage = 8.
Pemarah dan cepat panas hatinya, dengki kurang memiliki rasa belas kasihan, suka bertengkar, jika marah berbahaya dan banyak orang yang terpukau olehnya.

Related Ilmu Kesaktian:
weton kamis pahing di tahun 2017,perjalanan nasib Satrio Piningit,kamis pahing 2017,kamis pahing,lihat rezeki senin legi,watak dari tahun alif,weton rabu wage di tahun 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *